klik media kuning diatas untuk keluar dr blog ini, thx for visit

hotnews!!!!!!

Kamis, 08 Maret 2012

mazhab sosiologi


Aliran-Aliran Yang Mempengaruhi Terbentuknya Sosiologi Hukum
1.      Mazhab Formalistis. Salah satu tokoh mazhab ini adalah John Austin (11790-1859) dari Inggris, ia berpendapat bahwa hukum merupakan perintah dari mereka yang memgang kekuasaan tertinggi, atau dari yang memegang kedaulatan.
Titik taut : logika dan hukum
2.      Mazhab Sejarah dan Kebudayaan. Salah satu tokoh dari mazhab ini ialah Friedrich Karl Von Savigny (1779-1861),  dan Maine. ia menyatakan bahwa hukum merupakan perwujudan dari kesadaran hukum masyarakat, semua hukum itu berasal dari adat-istiadat dan kepercayaan dan bukan berasal dari pembentuk undang-undang.
3.      Titik taut : kerangka kebudayaan dari hokum
Hubungan hokum dgn system hokum
Hokum dan perubahan sosial
4.      Mazhab Utilitarianism. Bentham, pound, dan Rudolph Von Ihering (1818-1892) seorang tokoh dari mazhab ini mengemukakan, hukum merupakan suatu alat bagi masyarakat untuk mencapai tujuannya, hukum sebagai sarana untuk mengendalikan individu-individu, agar tujuannya sesuai dengan tujuan masyarakat di mana mereka menjadi warganya.
Titik taut: konsekuensi social dari hokum
                  Penggunaanyang tidak wajar dari pembentukan undang-undang
                  Tujuan-tujuan sosial
5.      Mazhab Sociological Jurisprudence.Pound, Holmes,Liewelyn, Frank, dan  Salah satu tokohnya adalah Eugen Ehrlich (1826-1922), ajaran pokoknya yaitu pembedaan hukum positif dan hukum yang hidup. Dia mengatakan bahwa hukum positif hanya akan efektif apabila selaras dengan hukum yang hidup dalam masyarakat atau pola-pola kebudayaan.
6.      Mazhab Realisme Hukum. Mazhab ini diprakarsai oleh 3 orang tokoh, yaitu Karl Llewellyn (1893-1962), Jerome Frank (1889-1957), dan Justice Oliver Wendell Holmes (1841-1935), mereka menyatakan bahwa hakim-hakim tidak hanya menemukan hukum, akan tetapi bahkan membuat hokum
Titik taut :  hokum sebagai pengendali social
                  Factor politik dan kepentingan dalam hokum
                  Stratiofikasi social social dan hokum
                  Hubungan hokum tertulis dengan hukumyang hidup
                  Hukukm dan kebijaksanaan umum
                  Segi perikemanusian dari hokum
                  Studi tentang keputusan pengadilan dan pola perilaku hukum
Teori makro
·         Pelopor : Max Weber dan Durkheim
·         Inti dari teori makro adalah perlu di dalami keterkaitan antara hukum dan bidang-bidang lain di luar hukum, seperti ekonomi, politik kekuasaan, dan budaya.
Teori empiris
·         Pelopor: Donald black
·         Hukum dapat diamati secara eksternal hukum, dengan mengumpulkan berbagai data dari luar hukum, yang disebut dengan perilaku hukum (behavior of law), sehingga dapat memunculkan dalil-dalil tertentu tentang hukum
  1. Teori klasik
·         Pelopor: eugen ehrlich (Austria): konsep “living law” yakni hukum yang hidup dalam masyarakat.
·         Tempat hukum dan berkembangnya hukum bukanlah dalam undang-undang atau doltrin (juristic science), melainkan dalam masyarakat.
·         Dalam hal ini, studi tentang hukum dilakukan dengan menganalisis hubungan hukum dengan kelompok sosial dan masyarakat.
MAZHAB SOSIOLOGI
Mazhab Sosiologis membagi atas Sociological Jurisprudence dan Sociology of Law bahwa:
1. Sociological Jurisprudence Ilmu adalah hasil pemikiran filosofis mengenai hukum dengan menggunakan ancangan sosologis.
2. Sociology of Law: Sosiologi yang memberikan perhatian khusus terhadap ukum sebagai objek kajian, dan memandangnya sebagai salah satu diantara semua fenomena sosial yang ada.
3. Sociology of Law: Kajian sosiologi yang berdasarkan pada konsep tentang hukum sebagai cara pengendalian sosial (social control). Ilmu deskriptif yang menggunakan teknik-teknik empiris.
Aliran hokum alam(natural law) = aristoteles, Aquinas, Grotius
Factor yang relevan = hokum dan moral, kepastian hokum dan keadilan yang dianggap sbg syarat dan tujuan hokum


1 komentar:

Buluh Perindu Ki Semar mengatakan...

Buluh Perindu Ki Semar, Media Pelet Paling Ampuh
Ini Adalah Media Pelet Jarak Jauh, dengan media ini Anda tidak harus kenal dengan target yang Anda Tuju, Cukup tahu wajahnya saja Maka Anda bisa memeletnya. dengan menjilat 3x media ini dia akan simpati pada Anda, dibaca mantranya maka dia akan rindu siang malam selalu pingin ketemu dengan Anda. Garansi (untuk Pria/Wanita). hubungi Dani Akbar : 0838 5688 7373 atau kunjungi peletrokok.blogspot.com

Promosi Tercanggih - Arenapromo.com Jaringan Pertukaran Link Gratis